Adat Peu Salee

Salah satu tahapan perawatan pasca melahirkan yang sering dilakukan oleh perempuan-perempuan di Aceh. Hanya saja, saya tidak tahu pasti seberapa banyak perempuan yang baru menjadi Ibu di era sekarang masih dan pernah melakukan treatment ini. Bagi saya, treatmen ini sangat bermanfaat.

Perempuan yang baru saja melahirkan diminta untuk duduk atau berbaring diatas balee, panteu, ataupun kursi yang mempunyai celah, kemudian dibawahnya terdapat bara api.

Bara api dibakar dan mempunyai suhu yang hangat bahkan cenderung agak panas (dapat disesuaikan dengan ketahanan si Ibu). Bara api ini diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari tanah liat (tembikar/beulangong tanoh) agar suhunya tetap terjaga dan tidak cepat padam.

Bagi saya, treatment ini ampuh menyusutkan berat badan yang over karena cairan tubuh yang masih berlebihan pasca bersalin. Ia membakar kalori, mengencangkan otot kewanitaan dan kulit. Perawatan semakin lengkap apabila badan dibalur dengan rempah yang berfungsi menghangatkan badan dan minum jamu yang membantu melangsingkan tubuh.

Saat menjalani ritual ini, perut dililit dengan kain panjang atau dikenal dengan sebutan “Ija Beungkong”. Membengkung badan dengan ija tersebut tidak dapat dilakukan sendiri, perlu bantuan orang lain untuk melilitnya. Hanya orang-orang yang mahir yang mampu membentuk lilitan/simpulan ija beungkong dengan sangat rapi dan sistematis.

Lebih dari itu, adat peu salee dipercaya dapat mewujudkan keharmonisan pasangan hingga dimasa hadapan. Kesuksesan mengembalikan bentuk badan seperti sedia kala tergantung pada tingkat kesabaran dan disiplin diri.

Seterusnya, memberi ASI juga sangat membantu sang Ibu menyusutkan berat badan pasca melahirkan, karena ketika sang bayi diberi ASI otot-otot tertetu ikut menarik dan mengencang (kata Bidan yang membantu persalinan saya)

Untuk melancarkan ASI dan segera keluar, sangat penting bagi setiap perempuan mendapatkan massage (urut). Selain itu, urut membantu memulihkan kembali ura-urat serta otot yang letih pasca melahirkan.

Sayangnya pasca perawatan dan pemberian asi usai, ramai kaum Ibu termasuk saya menjadi mudah gemuk karena tidak disiplin dalam berolah raga, kurang gerak, dan terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak.

Apa boleh buat..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s