Kisah Alternatif Pengantar Tidur Anak

Biasanya, anak akan meminta anda untuk menuturkan sebuah kisah sebagai pengantar tidurnya. Biasanya juga, kisah yang diceritakan adalah kisah yang punya nilai teladan dan pelajaran berharga.

10428667_907234312633228_1437340644615483427_n

Anak saya Aisyah, misalnya. Sebelum tidur, ia selalu meminta saya dan suami untuk bercerita. Menyempatkan diri untuk bercerita kepada anak merupakan kesempatan yang berharga dalam mempererat hubungan anak dan orang tua. Sayangnya, ada banyak orang tua kemudian menganggap hal tersebut tidak begitu penting. Biasanya, orang tua terlanjur dikalahkan oleh rasa malas dan lelah usai bekerja seharian. Sayang sekali !

Saya pribadi berpendapat, aktivitas mendongen sebelum anak tidur merupakan aktivitas yang sangat baik bagi perkembangan mental anak. Melalui aktivitas tersebut, kita sebagai orang tua dapat memilih berbagai kisah teladan yang sarat pengajaran dan pesan moral.

Melalui dongeng atau cerita teladan tersebut orang tua punya kesempatan untuk menyisipkan pelbagai contoh-contoh baik, bahkan berkesempatan menyisipkan nasihat yang bisa mempengaruhi akhlak anak-anak.

Dengan mendongeng atau bercerita, nasihat tersebut menjadi lebih mudah diterima oleh anak-anak daripada nasihat yang disampaikan ketika sedang kesal dan marah.

Singkatnya, orang tua yang menyempatkan diri menyampaikan cerita dan dongeng kepada anak, selain hubungan emosional orang tua dan anak menjadi lebih mesra, aktivitas tersebut juga akan menambah kecerdasan anak dan menjadikan anak pribadi yang berkarakter.

Setiap anak, biasanya akan menjadikan dongeng atau cerita yang disampaikan oleh orang tuanya sebagai teladan.

Bingung

Fenomenanya, beberapa orang tua terutamanya orang tua pria, akan merasa bingung jika anak menuntut hal diatas. Tidak sedikit yang kemudian menolak secara halus atau kasar kemudian meninggalkan harapan hampa kepada anak-anak.

Kebingungan orang tua biasanya didasari oleh sedikitnya referensi cerita. Orang tua bingung mau cerita apa ? Tidak ada banyak kisah yang bisa diceritakan karena mungkin kurang membaca.

Sebenarnya, orang tua tidak perlu merasa bingung. Permintaan anak-anak sangat sederhana, “Ummi, Abi, ceritalah” begitu kira-kira ungkapan anak. Jika demikian, ceritakanlah !

Anda tidak perlu menyusahkan diri untuk membelikan buku cerita yang mahal, atau mengarang cerita menarik tetapi hanya khayalan dan tidak pernah terjadi di dunia nyata.

Sederhananya, orang tua bisa saja menggantikan dongeng yang ada di buku mahal atau cerita khayalan yang tak berujung itu, dengan cerita sejarah atapun kisah menarik dimasa kecil anda.

Hitung-hitung nostalgia, orang tua bisa bercerita tentang abi atau ummi kecil yang suka sekali dengan pelajaran tertentu di sekolah. Menceritakan prestasi yang pernah abi atau ummi kecil raih, atau bahkan menceritakan daily life activity yang dulu sering abi atau ummi kecil lakukan saat masih tinggal bersama Ibu atau Nenek.

Orang tua juga bisa menceritakan pengalaman yang kurang menyenangkan dengan tujuan agar anak bisa lebih mawas diri, misalnya pernah tidak mendengar nasihat orang tua agar cuci tangan sebelum makan. Karena tidak mendengar abi dan ummi kecil pernah diare dan harus dirawat intensif.

Serta, masih banyak lagi kisah yang bisa anda bagi dengan si buah hati.

11130109_897462383610421_7381663340375543431_n

Saya pribadi, kerap bercerita tentang kisah masa kecil. Reaksi anak bisanya mereka sangat antusias karena diajak untuk mengenal orang tua mereka lebih dalam lagi. Bagaimanapun, anak-anak akan merasa mendapat kepercayaan dan merasa dekat apabila orang tua mau berbagi pengalaman dengan sang anak.

Kisah masa kecil orang tua memang bisa jadi alternatif untuk mengantar anak tidur. Namun, orang tua harus dapat memastikan, cerita yang disampaikan merupakan kisah yang menarik dan bukan berisi cerewetan orang tua ataupun perbandingan-perbandingan antara anda dizaman dulu dengan anak anda dizaman sekarang. Hakikatnya, anda dan anak anda adalah berbeda.

Selamat malam dan selamat beristirahat.

11904666_958802384143087_7341736585598213131_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s