Waspada Bisa Kelabang

Jum’at tengah malam (4/9/2015) seekor linpan/kelabang hinggap di perut saya dan sukses menusukkan bisanya. Alhasil badan saya dibuat gemetaran dan bekas gigitannya terasa amat perih dan panas. 

Suami yang malam itu masih bekerja, segera membasmi hewan melata itu agar tidak memakan korban lainnya. Saya yang baru saja tersengat kelabang buru-buru mencuci bersih bekas gigitan. Panik tidak mengerti bagaimana menangani bekas gigitan kelabang, setelah mencuci saya segera minum parasetamol agar tidak demam walaupun sebenarnya saya perlu melakukan tindakan medis yang lebih dari meminum parasetamol. Berhubung sudah tengah malam dan anak sudah tidur, maka saya membiarkan bisa itu menjalar ditubuh saya selama 7 jam lamanya. Malam itu benar-benar mencekam, sakitnya luar biasa dan terpaksa saya diamkan karena khawatir mengganggu tidur anak.

Lama menahan perih, usai anak berangkat ke sekolah, saya pun akhirnya dibawa suami ke Mantri langganan keluarga. Sesampai disana, Pak Mantri tidak berkata apa-apa dan beliau segera menyuntikkan anti racun ke dalam tubuh saya. Beberapa obat anti nyeri diberikan agar proses penyembuhan berlangsung cepat. Alhamdulillah.. rasa sakitnya kian berkurang dan mulai nyaman.

Trauma

Setelah peristiwa tersebut, saya memang sedikit mengalami trauma. Baru melihat benda kecil dan panjang serta berwarna hitam tak jelas saya mulai terkaget-kaget. Malam haripun rasanya sulit memejamkan mata dan ingin cahaya ruangan terang benderang. Kasihan suami saya :), beliau yang biasanya lebih suka tidur dalam keadaan yang gelap jadi terganggu.

Tidak ingin ada hewan aneh seperti kelabang itu bermain di rumah saya, saya mulai rajin berberes. Kalau biasanya cuma sapu-sapu dipermukaan saja, setelah peristiwa itu nyapu lebih agak mendalam sampai kecelah-celah manapun saya jabanin.

Kelabang ternyata suka dan mudah hidup ditempat lembap, jadi pastikan di rumah tidak ada lagi tempat-tempat lembap yang bisa jadi sarang kelabang. Sangat dianjurkan untuk rajin-rajin bebenah. Pastikan tidak ada kain kotor dilantai dan keset kaki senantiasa dicek dan dijemur dibawah mata hari.

Untuk mengindari dari gigitan kelabang, harap tidak tidur dilantai dan sangat disarankan agar tidur diatas ranjang !

Atas peristiwa tersebut, saya tetap merasa harus bersyukur karena kelabang tersebut tidak menggigit anak dan suami saya. Tidak terbayangkan apa jadinya jika kelabang itu menggigit anak sekecil Aisyah.

Mawas

Kadang-kadang kita tidak tahu kapan musibah digigit kelabang akan menghampiri kita, namun akan sangat baik jika kita mawas diri terhadap risiko tersebut. Apalagi bagi mereka yang hobby sekali tidur di lantai dan tinggal di rumah yang dekat dengan rawa dan hutan.

Hal lain yang bisa dipersiapkan adalah pastikan di rumah anda memiliki stok asam jawa. Berdasarkan tips menghilangkan bisa kelabang di internet, ternyata biji asam jawa ampuh menyedot bisa binatang tersebut. Seandainya malam itu ada biji asam jawa mungkin saya gak perlu menahan gematar hingga pagi. Jadi, menyediakan biji asam jawa juga ada manfaatnya.

Terakhir, sebaiknya sebelum tidur bacalah doa-doa yang bisa melindungi anda dari berbagai gangguan tidur. Bacalah doa-doa dan mintalah Allah melindungi kita saat tidur. Surat Al-fatihah, An-Nass, Al-Ikhlas dan Al-Falaq merupakan bacaan yang dianjurkan. Surat Al-Falaq sendiri merupakan surat yang diyakini dapat melindungi manusia dari berbagai pengaruh jahat seperti sihir dan gangguan binatang.

Leave a Reply

